Warna RGB: Palet Warna Untuk Digital

BlogGeneral | Inspirasi | Referensi | Tips | Uncategorized

by | Sep 29, 2022 | 0 comments

Warna RGB merupakan palet warna yang sering digunakan selain palet CMYK. Cipta Grafika telah membahas palet warna CMYK di unggahan sebelumnya.  Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas palet warna RGB untuk Anda.

Warna RGB Itu Apa?

warna rgb

Warna RGB (Red, Green, Blue) adalah palet warna aditif yang terdiri dari 3 warna primer yaitu merah, hijau, dan biru yang biasanya banyak digunakan dalam grafik komputer. Dilansir dari Bungkul.com, palet warna red, green, dan blue ini adalah warna aditif karena jika tiga warna tersebut dicampurkan dengan perbandingan 1:1:1 maka akan menghasilkan warna putih.

Warna aditif juga menjadi standar warna dalam dunia digital. Melansir dari Binus, mengapa warna aditif menjadi standar dalam dunia digital adalah karena warna aditif terbentuk dari cahaya, sehingga saat lebih banyak cahaya yang ditambahkan maka semakin terang dan cerah warnanya.

Baca: Psikologi Warna Untuk Branding Bisnis

Turunan Warna

Palet warna ini memiliki dua turunan warna. PCMag menjelaskan ada dua turunan warna RGB yaitu RGBW dan RGBY. RGBW adalah warna merah, hijau, dan biru yang ditambahkan warna putih. Biasanya warna putih dihasilkan dari menerangi warna merah, hijau, dan biru dengan intensitas tinggi tetapi filter warna akan mengurangi cahaya. Dengan warna turunannya ini, RGBW menghasilkan warna putih yang lebih terang karena putih tidak difilter.

RGBY adalah palet warna merah, hijau, dan biru yang ditambah dengan warna kuning untuk menghasilkan gamut warna yang lebih luas. Warna kuning yang ditambahkan ini akan memberikan warna kuning yang sempurna karena pasangan warna merah dan hijau tidak memberikan warna kuning yang persis saat digabungkan. Dengan begitu, gambar akan tampak lebih kaya karena warna kuning yang lebih hidup.

Penggunaan Warna

Penggunaan warna RGB berbeda dengan warna CMYK. Palet warna aditif ini digunakan untuk memberi warna pada website. Dilansir dari dicoding, pengaplikasian warna RGB pada website seperti pada font, background, dan bingkai konten. Selain itu, palet ini juga digunakan untuk layar monitor. Menurut Qwords, aplikasi pengeditan menggunakan RGB sebagai warna standar mereka, oleh karena perlu ketelitian ketika ingin mencetak karna bisa saja warna tidak sesuai seperti yang terlihat.

Baca: Banner: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Dalam dunia percetakan dan digital, Anda perlu memahami palet warna RGB dan CMYK agar Anda dapat menyesuaikan antara desain di layar dan hasil cetaknya. Dengan begituu hasil akhirnya tidak akan beda jauh dengan yang ada di layar.

Related Post

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 Istilah Percetakan yang Perlu Anda Tahu! - Cipta Grafika - […] Contohnya seperti warna pada layar tidak sama saat cetak. Mengapa? Monitor memiliki palet warna RGB sedangkan printer cetak memiliki…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *