Ini Perbedaan Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal! Awas Salah!

BlogDesign | General | Inspirasi | Referensi

by | Aug 24, 2023 | 0 comments

Sering mendengar tentang garis membuat Anda sudah akrab dengan istilah garis. Meski begitu, masih banyak orang yang kebingungan dengan membedakan istilah-istilah garis yang ada. Garis horizontal, vertikal, dan diagonal sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Agar Anda tidak bingung tentang perbedaan garis horizontal, vertikal, dan diagonal. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Garis

Meski terdengar sangat sederhana dan umum sekali, Anda juga perlu tahu tentang apa itu garis. Menurut KBBI, garis memiliki pengertian coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung). Garis merupakan sebuah bentuk geometri yang hanya memiliki satu dimensi yaitu panjang. 

Jenis-jenis Garis

Garis Lurus

Seperti namanya, garis ini berbentuk lurus. Biasanya menjadi penghubung antara dua titik yang berada di tempat yang berbeda. Di dalam ilmu matematika sendiri, sebuah garis lurus memiliki sudut 180 derajat. Garis lurus bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis lagi yaitu garis vertikal, garis horizontal, dan garis diagonal.

Garis Lengkung

garis lengkung

Mirip dengan garis lurus, garis lengkung juga menjadi penghubung dua titik di posisi yang berbeda. Bedanya garis yang menghubungkan ini berbentuk melengkung. Oleh karena itu dinamakan garis lengkung. Garis lengkung juga biasanya dikenal dengan nama kurva lengkung. Contoh dari garis lengkung ini adalah lingkaran dan oval

Garis Patah

garis patah

Selain garis lurus dan lengkung juga ada garis patah atau yang biasanya juga dikenal dengan garis sembarang. Seperti namanya, jenis garis ini berbentuk sembarang atau patah-patah. Tidak berbentuk lurus maupun lengkung. Contoh dari garis patah atau sembarang ini adalah garis zig-zag.

Baca juga: Mood Board Desain Sebuah Guideline Untuk Creative People!

Perbedaan Garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal

Telah dijelaskan di awal bahwa garis horizontal, vertikal, dan diagonal merupakan jenis garis yang termasuk ke dalam garis lurus. Tentunya ketiga garis ini tidaklah sama. Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara garis horizontal, vertikal, dan diagonal.

Berdasarkan Definisi

garis horizontal

Garis Horizontal

Perbedaan awal yang paling terlihat adalah dari sisi definisi. Definisi dari masing-masing garis kita ambil dari KBBI agar pemahaman yang diambil sama. Menurut KBBI vertikal memiliki pengertian sebagai tegak lurus dari bawah ke atas atau kebalikannya, membentuk garis tegak lurus (bersudut 90°) dengan permukaan bumi. Sedangkan untuk pengertian horizontal menurut KBBI adalah terletak pada garis atau bidang yang sejajar dengan horizon atau garis datar. Diagonal sendiri memiliki pengertian dalam KBBI sebagai berhubungannya dua titik sudut yang tidak bersebelahan dalam suatu segi empat.

Secara sederhana garis vertikal merupakan garis yang bentuknya dari atas ke bawah atau sebaliknya. Sedangkan garis horizontal merupakan garis yang bentuknya dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya. Garis diagonal sendiri adalah garis yang ditarik dari ujung kiri ke kanan bawah ataupun sebaliknya sehingga menjadi sebuah garis miring. 

Berdasarkan Etimologi

Garis Vertikal

Etimologi sendiri adalah sebuah ilmu linguistik yang membahas tentang asal usul sebuah kata. Perbedaan garis-garis ini juga bisa kita ambil berdasarkan etimologi masing-masing. Berdasarkan etimologi, kata vertikal berasal dari kata vertex dari bahasa Latin yang memiliki arti titik paling tinggi dari sumbu bumi. Horizontal pun sama diambil dari bahasa Latin, tepatnya pada kata horizontem yang berarti sejajar horizon. Lalu ada garis diagonal diambil dari bahasa Latin yang pada awalnya digunakan di Perancis yaitu diagonalis. 

Berdasarkan Bentuk

Garis Diagonal

Tentunya bentuk dari ketiga jenis garis ini yaitu garis vertikal, horizontal, dan diagonal adalah lurus. Pembeda antara ketiga garis ini adalah bentuk arahnya. Garis vertikal adalah garis tegak lurus dari atas ke bawah atau sebaliknya. Horizontal merupakan garis lurus yang bentuk arahnya dari kanan ke kiri dan sebaliknya atau datar sejajar. Diagonal adalah garis yang memiliki bentuk arah miring. Selain itu, berdasarkan koordinat kartesius, garis horizontal adalah  sumbu x atau absis sedangkan garis vertikal adalah sumbu y atau ordinat.

Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Sebuah garis tentunya selalu kita temukan di kehidupan sehari-hari. Kita dikelilingi oleh garis-garis yang nantinya akan menjadi bentuk tertentu. Contoh dari garis horizontal yang sering kita temui di sekitar adalah garis zebra cross, kabel tiang listrik, rel kereta api, dan tali jemuran. Sedangkan garis vertikal dalam kehidupan sehari-hari bisa kita temukan pada tiang bendera, tiang listrik, menara, pohon, gedung, kaki meja, hingga kursi. 

Baca juga: Jenis Format Gambar Beserta Penggunaannya!

Itu adalah penjelasan lengkap tentang garis vertikal, horizontal, dan diagonal. Mulai dari pengertian, jenis, perbedaan, hingga contoh dari garis yang ada di kehidupan sehari-hari. Semoga Bermanfaat!

Related Post

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *