Ini Kegunaan Stempel dan Jenis-jenisnya yang Perlu Anda Tahu

BlogInspirasi | Peralatan Kantor | Produk | Referensi

by | Oct 30, 2021 | 0 comments

Saat akan mengesahkan suatu berkas, selain menggunakan tanda tangan, alternatif lainnya adalah menggunakan cap stempel yang bertuliskan identitas sendiri. Kegunaan stempel cukup banyak dan mudah untuk digunakan. Pada permukaannya terdapat ukiran tulisan atau gambar yang kemudian akan dicap di atas permukaan kertas.

Ragam Kegunaan Stempel 

Ada berbagai jenis stempel termasuk yang sudah dilengkapi dengan tinta yang akan memudahkan Anda untuk menggunakannya. Cap stempel berguna agar dokumen dapat disahkan secara legal dan hanya atas izin dari orang yang namanya diukir pada stempel tersebut. 

Berkas yang dilegalisir dengan menggunakan stempel akan meminimalisir terjadinya pemalsuan data atau identitas. Selain itu, stempel bisa digunakan pada berbagai macam permukaan berkas mulai dari tanda terima kasih untuk bisnis sampai dokumen resmi untuk mengesahkan transaksi tertentu.

Jika Anda berencana untuk membuat stempel pribadi, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenisnya berikut.

Macam-macam Stempel:

Stempel Tanggal 

Stempel tanggal sering juga dikenal dengan nama stiker trodat. Stempel ini sudah didesain dengan ukiran tanggal, bulan, serta tahun yang akan menambah informasi yang dibutuhkan. Tanggal yang tertera juga dapat disesuaikan, sehingga Anda tak perlu khawatir meskipun Anda akan mengubah hari untuk melegalisir berkas. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dengan tintanya yang dapat meninggalkan bercak saat digunakan di permukaan kertas. 

Stempel Lilin Wax

Stempel ini termasuk stempel yang cukup unik karena menggunakan wax atau lilin. Stempel lilin menggunakan lilin yang akan meleleh kemudian diteteskan di atas dokumen. Pada saat masih meleleh, stempel dengan ukiran tulisan akan ditekan di atasnya agar tercetak pada lilin. Ada berbagai macam warna dan ukiran yang bisa dicustom, entah itu gambar atau tulisan. Stempel ini bisa Anda gunakan untuk segel surat, undangan, bahkan untuk melengkapi hiasan packaging produk jika Anda memiliki bisnis. 

Stempel Flash

 

 

 

 

Dikenal sebagai stempel otomatis, stempel flash sudah dilengkapi dengan tinta di dalamnya. Nama lainnya adalah stempel warna karena Anda bisa menggunakan beberapa warna dalam satu stempel yang bisa digunakan untuk berkali-kali cap. 

Kelebihan dari stempel ini adalah lebih praktis saat digunakan karena tak perlu repot saat digunakan. Tinta yang ada di dalamnya mempermudah Anda untuk mengecap dalam sekali tekan. Selain itu, tinta pun dapat diisi ulang dengan mudah saat habis. 

Stempel Runaflek

 

 

 

 

Jenis yang satu ini mungkin termasuk yang paling sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Stempel ini masih menggunakan cara manual saat dibuat dan digunakan. Stempel ini terdiri dari 2 bagian, bagian untuk ukiran dilengkapi dengan gagang kayu atau kristal untuk digenggam. Saat dibuka, Anda perlu menekan gagang kayu dengan ukiran tulisan ke bagian bantalan berisi tinta. Nah, bagian ukiran yang basah oleh tinta lalu ditekan di atas kertas untuk cap. 

Stempel Emboss

Sesuai namanya, stempel ini dilengkapi dengan logam yang diukir tulisan. Penggunaannya sangat mudah tanpa memerlukan tinta. Stempel cukup ditekan pada permukaan kertas sehingga membentuk huruf timbul yang mengikuti ukiran pada stempel. Stempel emboss sering dipakai untuk berbagai keperluan termasuk untuk pengesahan ijazah dan sertifikat.

Dari kelima jenis stempel di atas, dapatkan yang Anda inginkan di Cipta Office. Lengkapi juga kebutuhan Anda dengan peralatan kantor lain untuk mempermudah pekerjaan.

Artikel Terkait

How To Teach Children To Dress Themselves: The Ultimate Guide

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna lirabe ites ipsum dolor sit amet…

Related Post

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *