10 Ide Meningkatkan Bisnis Kuliner Saat Ramadhan

BlogGeneral | Inspirasi | Referensi

by | Mar 19, 2021 | 0 comments

Di masa pandemik COVID-19 ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang terdampak cukup besar. Para konsumen yang biasanya menghabiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga di restoran atau cafe, sekarang harus banyak berdiam diri di rumah. Untuk itu, setiap pelaku bisnis harus berinovasi dalam meningkatkan bisnis kuliner saat Ramadhan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Namun, yang harus Anda ketahui pertama kali adalah kebutuhan dari konsumen. Bagaimana konsumen dapat menjangkau bisnis Anda dengan mudah di tengah pandemik dan saat Ramadan adalah salah satu hal yang harus mampu Anda jawab.

Ramadan identik dengan waktu-waktu berbuka, sahur, dan hidangan spesial. Anda harus pandai melihat peluang dalam waktu-waktu tersebut. Untuk membantu Anda mengatasi hal ini, Cipta Grafika ingin berbagi 10 ide yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat Ramadhan.

1) Menjual Produk Makanan dan Minuman Sehat

menu sehat bisa jadi bisnis kuliner saat ramadhan

Berpuasa selama kurang lebih 13 jam membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Karenanya, memastikan suplai nutrisi yang memadai dengan mengonsumsi makanan sehat saat Ramadan bisa menjadi rencana dari banyak orang. Peluang ini bisa Anda gunakan untuk menjual menu yang sehat namun tetap enak dan terjangkau.

2) Buat Menu Ramadhan dan Camilan Gratis untuk Buka

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk launching menu baru. Tentunya menu yang Anda siapkan harus pas disantap saat momen berbuka atau sahur. Agar menjadi incaran banyak orang, cobalah untuk menambahkan dessert gratis atau menu manis untuk berbuka seperti kurma dan puding gula merah. Dijamin, konsumen akan semakin suka dengan produk Anda!

3) Buat Menu Bukber untuk Keluarga dan Komunitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada waktu-waktu tertentu di saat bulan puasa yang sering menjadi ajang berburu makanan seperti saat buka. Membuat menu bukber untuk keluarga dan komunitas akan semakin meningkatkan peluang khalayak untuk tahu bisnis Anda dengan menu spesial buka bersama ini.

4) Launching Menu Ready to Cook atau Frozen

sediakan menu frozen untuk meningkatkan bisnis kuliner saat Ramadhan

Sumber: cnnindonesia

Beberapa orang ada yang tak sempat  memasak makanan untuk buka dan sahur dengan waktu yang lama. Kebutuhan akan makanan yang siap dimasak dalam waktu yang sebentar atau dalam bentuk frozen menjadi semakin besar.

Makanan yang tinggal dihangatkan beberapa menit saja sudah menjadi andalan bagi banyak orang. Ramadhan tahun ini, cobalah berinovasi dan giliran produk Anda yang akan laris di pasaran.

5) Sediakan Menu Buka atau Sahur Paket Mingguan

Paket berbuka puasa dan sahur mingguan sangat dibutuhkan oleh orang yang tak punya banyak waktu dalam menyiapkan menu makanan. Dengan membuat paket buka atau sahur mingguan, selain mendapat profit kamu juga telah membantu memudahkan konsumen memenuhi kebutuhannya.

6) Sediakan Paket Sedekah Box untuk Program CSR

Bagi perusahaan, bulan Ramadhan biasanya menjadi ajang bersedekah untuk orang-orang di sekitar. Nah, hal ini biasa dilakukan dengan bagi-bagi kotak berbuka atau kotak sahur baik secara langsung atau melalui perantara. Akan sangat membantu jika bisnis Anda menyediakan paket sedekah box karena perusahaan akan mencari Anda.

7) Buat Promo di Hari Tertentu

Buatlah promo di hari tertentu seperti hari-hari pertama, hari ke-15, atau hari terakhir Ramadhan untuk menu khusus. Promo akan membantu Anda untuk menyampaikan info tertentu pada konsumen melalui produk.

8) Buat Kemasan dengan Nuansa Ramadhan

Sumber: Herbana

Hal yang tak boleh Anda lupakan saat launching produk khusus Ramadhan adalah kemasannya. Buat kemasan brand Anda dengan nuansa Ramadhan yang unik. Hal ini membantu konsumen untuk semakin mengingat bisnis Anda.

9) Masifkan Iklan untuk Meningkatkan Bisnis Kuliner Saat Ramadhan

Tingkatkan promosi produk Anda melalui berbagai platform digital dengan membuat semenarik mungkin iklan produk yang baru saja Anda luncurkan. Membuat flyer pun akan membantu kampanye Ramadhan Anda semakin masif.

10) Sediakan Program Delivery untuk Jangkauan Daerah Tertentu

Di bulan Ramadhan, menyediakan program delivery door to door akan membuka peluang yang besar untuk menarik loyal customer. Tawarkan program ini untuk jangkauan daerah di sekitar bisnis Anda sehingga konsumen biasa bisa menjadi pelanggan.

Artikel Terkait

Announces Third Quarter Fiscal Year 2021 Earnings

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna lirabe ites ipsum dolor sit amet…

Related Post

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *