Elemen Dasar Logo: Logomark, Logotype, dan Logogram

BlogDesign | General | Inspirasi | Referensi

by | May 31, 2023 | 0 comments

Membuat logo tidak semudah menempelkan gambar dan mencocokkannya dengan tulisan. Logo perlu dibuat dengan mempresentasikan identitas brand. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui tentang elemen dasar logo, yaitu logomark, logotype, dan logogram.

 

Elemen Dasar Logo

Logomark

elemen dasar logo

Credit to: pepsi.com

Logomark adalah logo yang menggunakan ikon, gambar atau bentuk visual lainnya sebagai desain logonya. Dalam merencanakan pembuatan logomark biasanya logomark memiliki bentuk abstrak, sehingga biasanya brand yang menggunakan logomark sebagai pilihan logo mereka tidak menggambarkan identitas merek brand mereka. Meski begitu, orang-orang yang melihat logo dalam sekali lihat dapat mengasosiasikannya dengan merek Anda.

Ada 2 aspek logomark yang perlu Anda tahu yaitu hadirkan sebuah keunikan dari merek dalam bentuk gambar serta harus menyimpan sebuah cerita. Keunikan dari merek bisa mempresentasikan esensi dari merek tersebut. Brand yang menggunakan logomark sebagai logo mereka adalah Apple dan Pepsi. 

Baja juga: Memaksimalkan Fungsi Stiker Untuk Bisnis

Logotype

Credit to: lego.com

Logotype adalah logo yang dibuat menggunakan teks yang berupa sebuah kata seperti nama perusahaan, monogram atau huruf yang bisa merepresentasikan brand. Meski terkesan sederhana, tapi Anda perlu mendesain dengan tepat sehingga dapat menghasilkan logo yang unik dan berkesan. Ada 3 aspek penting yang perlu Anda perhatikan saat membuat logotype, yaitu keunikan, fleksibilitas, dan kemampuan mempresentasikan identitas merek. Fleksibilitas perlu untuk logo miliki agar penggunaannya bisa untuk apa saja, misalnya kartu nama, banner, kop surat, dan lainnya. Contoh brand yang menggunakan logotype adalah Lego dan Wika.

Logogram

Credit to: mcdonalds.co.id

Logogram adalah logo yang menggunakan simbol tertulis atau bergambar untuk merepresentasikan sebuah kata dalam logo. banyak yang menganggap jika logogram dan logomark sama. Tetapi, ada satu aspek penting yang dapat membedakan logomark dan logogram, yaitu logogram memiliki desain logo yang minimalis yang tetap unik dan menarik perhatian orang-orang. 

Baca juga: Pentingnya Pemilihan Warna Pada Desain yang Dibuat!

Jadi, yang mana yang lebih baik dipakai? Logomark, logotype, atau logogram? Anda bisa menjadi fleksibel dalam membuat logo dengan menggabungkan beberapa elemen dasar logo. Misalnya, Anda bisa menggabungkan unsur logotype atau logomark. Jadi, jika Anda bingung ingin memilih yang mana untuk membuat logo. Anda bisa menggabungkan dua unsur dari elemen dasar logo. 

Related Post

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Font Idul Adha di Canva! Gratis! - Cipta Grafika - […] Baca juga: Elemen Dasar Logo: Logomark, Logotype, dan Logogram […]
  2. Merchandise Menarik Untuk Branding! - Cipta Grafika - […] payung sebagai salah satu hadiah, suvenir, atau merchandise. Anda bisa menyablon payung dengan logo beserta nama acara yang sedang…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *