by | Oct 20, 2023 | 0 comments

Dalam kegiatan sehari-hari, kita biasa menggunakan tas sebagai benda yang membantu untuk membawa barang bawaan Anda. Selain itu, tote bag juga bagian dari fashion. Oleh karena itu, kebersihan dari tote bag perlu diperhatikan. Anda perlu membersihkan tote bag agar lebih awet dan terus terlihat baik dan warnanya tidak pudar. Bahan yang paling umum digunakan tote bag sebagai tas fashion adalah bahan kanvas. Berikut ini adalah cara membersihkan tote bag agar tanpa merusak tasnya.

Tas Kanvas 

tas kanvas

Tas Kanvas

Jika Anda sedang mencari tas yang memiliki daya tahan yang baik untuk berbagai aktivitas Anda bisa menggunakan tas kanvas. Kain kanvas dahulu menggunakan bahan jerami sehingga menjadi sangat kuat. saat ini bahan pembuat kain kanvas sudah berubah menjadi bahan linen, kapas, hingga polyester. Jenis tas ini begitu disukai oleh banyak orang karena memiliki bahan yang tebal dan awet. Selain itu, tas kanvas bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.

Cara Membersihkan Tas Kanvas

1. Jangan dicuci dengan Mesin Cuci

Meskipun mirip dengan kain biasa, tas dengan bahan kain kanvas jangan dicuci menggunakan mesin cuci. Hal ini dikarenakan mesin cuci didesain untuk mencuci pakaian sehingga tidak cocok untuk mencuci tas kanvas. Nantinya tas kanvas akan mudah rusak.

Anda bisa mencuci tas kanvas secara manual dengan menggosoknya secara perlahan agar tidak merusak desain serta serat kainnya. Karena saat memeras tidak boleh terlalu keras, makan tas kanvas digantung menggunakan hanger dan biarkan airnya menetes sendiri hingga tas kering.

2. Jangan Gunakan Sabun Sembarangan

Hindari sabun yang cenderung kasar karena dapat merusak serat kain kanvas. Anda bisa menggunakan sabun bayi untuk mencuci tas kanvas. Bahan dari sabun bayi lebih gentle dibandingkan yang lain sehingga tidak akan merusak serat kain.

3. Gunakan Kain Basah

Sehabis digunakan untuk membawa barang saat bepergian tentunya akan banyak debu yang menempel. Anda tidak boleh membiarkan debu tersebut terlalu lama menempel di permukaan tas. Hal ini dikarenakan  debu dan kotoran tersebut semakin lama akan masuk ke dalam serat kain tersebut. Anda bisa menggunakan kain basah untuk membersihkan debu atau kotoran tersebut. Usap pelan-pelan permukaan tas tanpa perlu menggosoknya sampai debu atau kotoran tersebut hilang.

4. Gunakan Sikat yang Lembut

Untuk noda yang sulit hilang dengan kain basah, Anda bisa menggosoknya dengan sikat. Tetapi, Anda perlu perhatikan jenis sikat yang digunakan. Anda harus memilih sikat yang lembut agar tidak merusak desain serta serat kain. Salah satu sikat yang bisa digunakan adalah sikat gigi.

5. Jangan Jemur Tas di Bawah Sinar Matahari Langsung

Menjemur tas di bawah sinar matahari langsung tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan warna tas kanvas bisa pudar serta dapat membuat serat kain menjadi rapuh. Anda bisa menggantung tas di tempat terbuka tanpa terkena sinar matahari langsung atau diangin-anginkan saja. Memang dengan menggunakan cara ini akan memakan waktu lebih banyak untuk mengeringkan tas namun ampuh untuk menjaga kualitas tas agar tetap baik.

Baca juga: Bahan Tote Bag yang Bagus Sesuai Kebutuhanmu!

Cara Membersihkan Noda Pada Tas Kanvas

1. Noda Ringan

Membersihkan noda ringan sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sabun bayi sebagai pembersihnya dan lap atau sikat sebagai alatnya. Jika dengan lap saja noda sudah hilang Anda tidak perlu menggunakan sikat lagi. Lain halnya jika noda masih belum hilang, Anda bisa menggunakan sikat gigi sebagai alat membersihkannya.

2. Noda Minyak

Noda minyak menjadi salah satu noda yang cukup sulit dihilangkan. Jika tas kanvas Anda terkena noda minyak, Anda bisa meneteskan sabun untuk mencegah minyak semakin menyebar pada serat kain. Setelah itu, Anda bisa mulai menyikat secara perlahan menggunakan sikat gigi dibantu dengan air.

3. Noda Makanan atau Minuman

Kopi, saus, hingga kuah makanan sering kali terciprat pada baju hingga tas. Saat noda dibiarkan terlalu lama dan tidak segera dibersihkan nantinya noda akan semakin lengket. Untuk membersihkannya, Anda perlu menyiapkan satu ember atau satu baskom air yang sudah dicampur dengan sabun. Selanjutnya, Anda bisa rendam tas yang kotor selama 30 menit – 1 jam. Dengan merendam tas kanvas kotor cukup ampuh menghilangkan noda bekas makanan maupun minuman.

4. Noda Lipstik

Lipstik menjadi salah satu make up yang sering kali digunakan oleh wanita. Terkadang noda lipstik bisa hadir saat tidak menutup lipstik dengan benar saat disimpan dalam tas. Untuk membersihkan noda lipstik ini Anda membutuhkan kapa yang sudah dibasahi oleh alkohol atau aseton (cairan pembersih kutek). Usapkan pada noda lipstik yang ada pada tas hingga noda tersebut hilang. Lalu segera bilas dengan air bersih.

5. Noda Tinta

Noda tinta menjadi salah satu noda yang sering ditemui pada tas dan juga termasuk noda yang susah dibersihkan. Untuk menghilangkan nodanya Anda bisa menyiapkan sikat gigi, pasta gigi, dan baking soda. Noda tinta di beri pasta gigi serta baking soda lalu Anda sikat dengan sikat gigi hingga noda tinta menghilang. Setelah itu Anda bisa membilas tas dengan air bersih.

Baca juga: Tujuan dan Fungsi Logo untuk Branding!

Itu adalah cara membersihkan tas kanvas. Merawat tas berbahan kain seperti tas kanvas gampang-gampang susah. Apalagi jika noda telah meresap ke serat kain. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Untuk pemesanan tas kanvas custom, Anda bisa menghubungi Cipta Grafika dengan klik link ini atau dengan klik tombol di bawah.


Pesan Melalui WhatsApp

Related Post

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *