Brand Positioning Adalah, Jenis, dan Manfaatnya!

BlogGeneral | Produk | Referensi | Tips

by | Mar 20, 2023 | 0 comments

Brand positioning yang tepat dapat membuat pelanggan menjadi lebih dekat dengan brand. Agar sebuah brand positioning tepat dalam penerapannya, sebuah brand harus menonjolkan keunikannya sehingga dapat membedakannya dari kompetitor. Berikut ini adalah penjelasan tentang brand positioning, jenisnya, serta apa manfaatnya brand positioning.

 

Brand Positioning Adalah

Brand positioning adalah sebuah teknik memposisikan brand pada benak masyarakat sehingga pelanggan bisa mengenali brand dengan mudah. Penerapan brand positioning tidak hanya tidak hanya sebatas tagline maupun logo tapi brand positioning adalah strategi yang bisa membedakan brand dengan kompetitor. Teknik ini bisa menggambarkan sejauh mana brand Anda kredibel, menguntungkan, dan berbeda di mata pelanggan. Dikarenakan teknik ini melibatkan persepsi pelanggan strategi ini berkaitan dengan customer loyalty dan brand equity. Secara tidak langsung brand positioning yang tepat akan meningkatkan brand awareness juga. 

 

Jenis-jenis Brand Positioning

Price-based Positioning

Jenis brand positioning ini seperti namanya fokus pada harga dari produk. Price-based positioning mendorong brand untuk menetapkan harga produk yang unik. Contohnya, Anda bisa menawarkan harga produk lebih murah dari harga pasarannya, sehingga dapat menarik minat dari pelanggan untuk membeli. 

 

Baca juga: Ini Manfaat Menulis Jurnal Setiap Hari untuk Kesehatan!

 

Convenience-based Positioning

Titik berat dari convenience-based positioning adalah sebuah kenyamanan. Kenyamanan produk atau jasa saat digunakan bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan. Seberapa nyaman pelanggan pada produk atau jasa sebuah brand bisa dilihat dari lokasi pembuatan, kemudahaan penggunaan, aksesibilitas, dukungan di berbagai platform, dan lainnya. Kenyamanan ini dapat memberikan pelanggan pengalaman yang menyenangkan sehingga bisa meningkatkan customer loyalty. 

 

Quality-based Positioning

Fokus utama dari quality-based positioning tentu saja adalah kualitas. Kualitas produk bisa ditunjukan dari proses pembuatan, bahan baku, biaya produksi, dna lainnya. Saat sebuah brand memposisikan sebagai brand yang fokus utamanya adalah kualitas yang bagus, maka pelanggan tidak akan keberatan untuk membeli karena ada alasan mengapa harga produk tersebut mahal. 

 

Manfaat Brand Positioning

Setelah mengetahui tentang pengertian serta jenis-jenis dari brand positioning, Anda juga perlu tahu tentang manfaat dari brand positioning. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari brand positioning. 

  • Dengan adanya brand positioning dapat membuat perusahaan untuk melakukan analisis kompetitornya.
  • Brand positioning dapat membuat pelanggan lebih loyal.
  • Melalui brand positioning, perusahaan dapat menentukan harga serta kualitas yang ingin diperoleh sesuai dengan kebutuhan target market. 
  • Adanya brand positioning juga cocok untuk menjadi sebuah tempat untuk menyaring aspirasi pelanggan dan untuk mengetahui kebutuhan mereka. 

 

Baca juga: Pentingnya Pemilihan Warna Pada Desain yang Dibuat!

 

Itu adalah penjelasan tentang brand positioning. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga manfaatnya. Dengan menggunakan strategi brand positioning ini diharapkan sebuah bisnis dapat lebih unggul dari kompetitornya. Dengan adanya brand positioning juga dapat meningkatkan citra perusahaan Anda. 

Related Post

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Perbedaan Pamflet, Brosur, dan Leaflet! - Cipta Grafika - […] Baca juga: Brand Positioning Adalah, Jenis, dan Manfaatnya! […]
  2. Perbedaan Softcover dan Hardcover, Biar Nggak Salah! - Cipta Grafika - […] Baca juga: Brand Positioning Adalah, Jenis, dan Manfaatnya! […]
  3. Memaksimalkan Fungsi Stiker Untuk Bisnis - Cipta Grafika - […] Baca juga: Brand Positioning Adalah, Jenis, dan Manfaatnya! […]
  4. Elemen Dasar Logo: Logomark, Logotype, dan Logogram - Cipta Grafika - […] Dalam merencanakan pembuatan logomark biasanya logomark memiliki bentuk abstrak, sehingga biasanya brand yang menggunakan logomark sebagai pilihan logo mereka…
  5. Jenis Botol yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Jualan! - Cipta Grafika - […] maraknya botol plastik untuk menjadi kemasan, botol kaca menjadi pilihan dari berbagai macam brand. Misalnya, Fanta, Coca Cola, Sprite,…
  6. Tujuan dan Fungsi Logo untuk Branding! - Cipta Grafika - […] tempat, mulai dari dalam rumah hingga di luar rumah. Tanpa disadari logo merepresentasikan sebuah brand yang nantinya akan dikenal…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *