6 Jenis Bahan Kaos Partai, Mana yang Terbaik?

BlogGeneral | Merchandise | Produk | Promosi | Referensi

by | Dec 13, 2023 | 0 comments

Kaos partai merupakan salah satu dari sekian item kampanye yang banyak dicari akhir-akhir ini. Pasalnya, para kandidat sedang berbondong-bondong mempersiapkan kampanye untuk pesta demokrasi yang akan segera diselenggarakan dalam waktu dekat. Hal ini tentunya berimbas pada permintaan custom produk promosi kampanye yang terus meningkat. 

Kira-kira bahan apa yang cocok digunakan untuk kaos partai? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Bahan Kaos Partai Cotton Combed

Jenis bahan kaos yang paling banyak digunakan adalah cotton combed. Bahan ini memiliki karakteristik yang lembut, adem, dan kerapatan benangnya yang lebih bagus karena diproduksi dengan metode finishing combed.     

Bahan cotton combed sendiri terbagi menjadi tiga tipe bahan, yakni 30s, 24s, dan 20s. Perbedaan utama dari ketiga jenis tipe bahan tersebut adalah kerapatan benang jahitannya. Semakin besar angka sebelum huruf “s”, maka semakin tipis kainnya.  

Cotton Combed 20s

Cotton combed 20s merupakan jenis bahan yang memiliki karakteristik paling tebal, gramasinya sekitar 180-220 gram/m2. Bahan ini disebut sebagai bahan yang paling kuat dengan daya serap keringat yang lebih tinggi. Secara harga, bahan ini terbilang cukup mahal dibandingkan dua tipe lainnya. Namun, cotton combed sangat pas digunakan saat musim dingin karena mampu memberikan rasa hangat pada tubuh.   

Cotton Combed 24s

Ketebalan cotton combed 24s berkisar antara 170-210 gram/m2. Bahan tipe ini sedikit lebih tipis dari 20s, namun tetap nyaman dan adem saat digunakan. Secara harga, cotton combed 24s jauh lebih murah ketimbang bahan 30s.

Baca juga: Sablon Payung Custom untuk Merchandise Partai!

Cotton Combed 30s

Jenis katun combed 30s memiliki tebal sekitar 140-160 gram/m2. Untuk itu, bahan tipe ini termasuk yang paling tipis bahannya, lebih ringan, lentur dan lemas. Sangat cocok digunakan di saat cuaca panas.

Cotton Carded

Bahan cotton carded merupakan salah satu jenis bahan kaos rajut dari benang-benang berbulu yang kualitasnya di bawah cotton combed. Namun meski demikian, bahan ini tetap mampu menyerap keringat dengan baik.  

Kaos PE 

Bahan kaos PE sangat cocok digunakan untuk kaos kampanye dengan budget terbatas. Sebab, bahan kaos PE terbuat dari material polyester yang mudah untuk didapatkan. Tekstur bahan ini sedikit kasar, kurang menyerap keringat, namun lebih awet daripada kain cotton combed maupun cotton carded. 

Hyget

Bahan hyget seringkali digunakan untuk kaos kampanye karena memiliki banyak kelebihan. Yakni tipis, tidak cepat kusut, sedikit mengkilap, cepat kering, dan yang terpenting adalah harganya yang relatif murah. Bahan yang terbuat dari perpaduan kain katun dan polyester ini memiliki berat sekitar 110 gsm. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Merchandise Menarik untuk Branding dan Promosi 

Lacoste

Bahan lacoste termasuk salah satu jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat kaos kampanye. Lacoste memiliki karakteristik kain yang tebal dan rajutan antar benangnya yang bagus. Maka dari itu, harga lacoste yang sedikit mahal membuat kaos ini biasanya hanya diberikan untuk anggota partai saja. Selain itu, bahan lacoste terbagi menjadi beberapa varian jenis dan kualitas yang berbeda, antara lain: 

Lacoste Cotton Pique

Kain lacoste cotton pique merupakan jenis kain yang paling nyaman digunakan dibandingkan bahan lacoste lainnya. Bahan ini memiliki tekstur pori-pori yang cukup besar di bagian luar dan dalam. 

Lacoste Cotton CVC

Tipe berikutnya yakni lacoste cotton CVC terbuat dari campuran 60% serat katun dan 40% serat polyester. Kelebihan lacoste CVC adalah memiliki daya serap tinggi dan harganya yang lebih murah dari Lacoste Cotton Pique.

Selain bahan jenis lacoste cotton CVC dan lacoste cotton pique, terdapat juga bahan Lacoste PE. Bahan tipe ini memiliki tekstur dan pori-pori yang lebih besar dari dua tipe sebelumnya.

Baca juga: Billboard atau Papan Reklame? Kenali Perbedaan dan Manfaatnya! 

Tetoron Cotton (TC)

Bahan selanjutnya yang sering digunakan untuk kaos promosi atau kampanye adalah Tetoron Cotton (TC). Bahan ini merupakan kombinasi dari 35% serat katun dan 65% serat polyester. Kelebihan bahan tetoron cotton adalah anti kusut dan tidak mudah melar, tapi sayangnya kurang mampu menyerap keringat dengan baik.   

Nah, itu tadi beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaos kampanye. Sebenarnya, masih ada beberapa jenis bahan lainnya yang bisa Anda pilih.

Jenis bahan apa yang terbaik untuk kaos partai? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan anggaran kampanye Anda. Jika ingin membuat kaos untuk kebutuhan kampanye, hendaknya sesuaikan bahan, model, dan desain dengan anggaran yang ada.  

Tertarik untuk custom kaos kampanye? Cipta Grafika adalah ahlinya. Klik di sini atau tombol di bawah untuk melakukan pemesanan.


Pesan Melalui WhatsApp

Related Post

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *